wdcfawqafwef

SELAMAT DATANG DI WEFOX.BLOGSPOT.COM

Friday, August 14, 2015

Menginstall Microsoft Office 2010


microsoft office 2010 packet

Selamat datang di blog saya...^_^ 
Saat ini saya akan berbagi mengenai artikel mengenal Microsoft Office 2010. Microsoft Office yang kita kenal seperti Microsoft Word atau Word  merupakan perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word. Microsoft Office 2010 memiliki kumpulan perangkat lunak (software) yang terdiri atas program aplikasi perkantoran. Yaitu:
  • Word 2010. Program aplikasi pengetikan. Misalnya untuk membuat laporan, surat, skripsi, atau buku.
  • PowerPoint 2010. Program aplikasi untuk presentasi dengan komputer. Mendukung penggunaan multimedia seperti gambar, suara, video, dan animasi interaktif.
  • Excel 2010. Program aplikasi tabel data dan perhitungan. Pengolahan tabel, akuntansi, dan penghitungan dilakukan melalui lembar kerja (worksheet).
  • Acces 2010. Program aplikasi untuk mengelola basis data (database). Data dalam jumlah banyak menjadi jauh lebih mudah dikelola.
  • Outlook 2010. Program aplikasi untuk mengelola email dan personal organizer.
  • OneNote 2010. Program aplikasi untuk mengelola catatan (nota). Misalnya brainstorming pada saat rapat dan diskusi.
  • Publisher 2010. Program aplikasi desktop publishing untuk membuat publikasi cetak lebih mudah. Misalnya brosur, majalah, poster, dan surat 

Aplikasi Microsoft Office 2010, dikenal juga dengan Office versi 14, resmi diluncurkan pada bulan April 2010. Versi ini adalah penerus Microsoft Office yang sudah dirilis sebelumnya:
Office 2000, Office XP (2002), Office 2003, dan Office 2007.

Versi online dari Office 2010 dapat diakses melalui internet dengan cara mengunjungi website www.live.com. Bagi pengguna smart phone, aplikasi ini tersedia dalam versi Office Mobile 2010 yang dapat dijalankan pada Windows Mobile 6.5 dan Windows Phone 7.

Beberapa Edisi Office 2010

Microsoft Office 2010 tersedia dalam beberapa paket edisi yang berbeda. Ada edisi: Starter, Home and Student, Home and Business, Standard Professional, Professional Academic, dan Professional Plus.

icon Microsoft Office 2010 Application

Perbedaan dalam setiap edisi Office ada pada kelengkapan aplikasi dan harganya. Strategi marketing ini membuat pembeli bebas menyesuaikan antara harga dan kebutuhannya.


Menginstal Office 2010

Sebelum dapat digunakan, Office 2010 harus terlebih dahulu dipasang (diinstal). Instalasi merupakan proses pemasangan software ke dalam komputer.


Office 2010 hanya dapat diinstal pada komputer dengan spesifikasi yang memenuhi syarat. Jadi, tidak semua komputer bisa meng- gunakan Office 2010, apalagi pada komputer lama.



Pada komputer yang relatif baru, misalnya tahun 2008, dapat dipastikan instalasi Office 2010 bisa dilakukan. Instalasi mem- butuhkan file instalasi (installer file) berupa keping CD atau file exe. Anda dapat membeli CD/DVD Microsoft Office 2010 dari toko software atau toko komputer. Selanjutnya, instalasi dilakukan dengan menjalankan file dalam CD/DVD Microsoft Office 2010.


Anda dapat mengunduh (download) secara gratis file installer Microsoft Office 2010 dari internet melalui website http://office.microsoft.com/en-us/try/. Caranya, buka website tersebut dengan internet browser, lalu klik tombol Try it now.(Tentu saja ini hanya versi trial. Harapannya setelah pengguna mencoba maka mau membeli Office 2010).

Setelah file instalasi kita dapatkan, langkah selanjutnya melakukan instalasi.



Praktik: Instalasi Microsoft Office 2010

Lakukan instalasi Office 2010 menggunakan keping CD/DVD.
  • Masukkan keping CD/DVD Microsoft Office 2010 ke dalam CD/DVD drive komputer. Setelah itu, buka folder di dalam CD/DVD tersebut.Keterangan: Jika file instalasi diunduh dari website Office 2010 di internet, maka langsung ke langkah 2.




  • Jalankan file installer yaitu, setup.exe. Caranya, lakukan klik ganda (double click) pada file tersebut. Klik ganda artinya melakukan klik tombol mouse di bagian kiri, sebanyak dua kali berurutan, dan dilakukan dengan cepat.Keterangan: File setup.exe terkadang hanya ditampilkan dengan tulisan setup saja. Konfigurasi ini tergantung komputer.

Pada praktik ini, dalam komputer Penulis sudah terinstal aplikasi Office versi 2007. Karena itu akan muncul opsi untuk melakukan Upgrade (mengganti) ataukah Customize (mengatur sendiri). Upgrade artinya mengganti versi Office pada komputer sekarang, dengan Office 2010. Artinya, versi Office yang lama akan dihapus dan ditimpa dengan Office 2010. Sedangkan Customize artinya melakukan kustomisasi sendiri. Penulis memilih untuk melakukan kustomisasi dengan mengklik tombol Customize. Pilihan ini memungkinkan kita mempunyai beberapa versi Office dalam satu komputer. Pada contoh ini, Penulis akan menginstal Office 2010 pada komputer yang sudah terinstal Office 2007

  • Karena Penulis ingin mempertahankan semua aplikasi yang sudah diinstal, yaitu Office 2007, maka dipilih opsi kedua. Untuk itu, klik pada Keep all previous versions.Keterangan: Jika aplikasi Office yang sudah ada dalam kom- puter ingin di-uninstall (dibuang dari komputer), maka pilih Remove all previous versions

  • Pilih program apa saja yang akan diinstal. Untuk itu, klik tab Installation Options.Dari daftar yang ditampilkan, tentukan aplikasi apa saja yang akan diinstal. Sedangkan jika tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan pilihan default (pilihan awal) tanpa mengubah apa pun.
  • Selanjutnya, mulai lakukan instalasi dengan klik tombol Install Now.

  • Tunggu hingga instalasi selesai dilakukan. Setelah itu, klik tombol Close.




video tutorial untuk menginstall Microsoft Office 2010 bisa dilihat dibawah ini:





okeee... sekian mengenai instalasi Microsoft Office 2010. Semoga bermanfaat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda. Mohon di share ya. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga sukses..!!

No comments:

Post a Comment

Animated Dragonica Star Glove Pointer